Hijab.id

Tips Agar Tidak Mudah Emosi Pada Anak

6 Okt 2020  |  167x | Ditulis oleh : Editor
Tips Agar Tidak Mudah Emosi Pada Anak

Emosi memang susah sekali dikendalikan karena kita hanya manusia biasa. Tetapi tahukah anda emosi itu adalah hal yang sangat tidak baik. Apalagi jika anda sering emosi terhadap anak anda. Banyak sekali dampak negtifa yang akan anda hasilkan jika anda selalu tersulut emosi pada anak. Apalagi jika anda sampai memukul dan mencubit. Dampak negatif pertama adalah anak menjadi anak yang pemarah terhadap temannya. Anak anda bisa menjadi anak yang galak dan susah punya teman. Dampak negatif kedua adalah anak anda menjadi anak yang pemalu karena anda selalu membentaknya dan menyalahkannya. Dampak ketiga adalah anak anda menjadi anak yang punya gangguan psikologis dan ini bisa menjadi hal yang sangat fatal. Pastinya anda tidak mau anak anda menjadi anak yang punya gangguan kesehatan mental. Apalagi masih sangat kecil. Jadi sebaiknya mulai sekarang usahakan untuk selalu tahan emosi. Caranya adalah dengan mempraktekan hal-hal berikut ini.

1. Tenangkan Diri Dahulu

Hal yang selanjutnya bisa anda pratekan dalam menahan emosi adalah dengan menenangkan diri dahulu. Nah pastinya saat anda sedang emosi segala sesuatu tidak ada yang berjalan baik. Apalagi menghadapi tingkah laku anak yang memang masih polos. Maka and ajika sedang emosi menyingkir dahulu dan tenangkan hingga reda. Jadi anda bisa menjauh dahulu dari anak. Misalnya anda berdiam diri dahulu di balkos rumah atau luar rumah. jadi anda jangan langsung menghadapi anak anda.

2. Tarik Nafas Dalam-Dalam

Emosi memang terkadang bersumber bukan dari kesalahan anak. Ada emosi yang meledak karena orang lain dan dilimpahka ke anak. Nah jika hal itu terjadi pastinya fatal sekali ya. Nah anda sebaiknya ketika akan marah sama anak, berhenti! Kemudian anda tarik nafas dalam-dalam dan membuangnya. Setelah itu anda hitung sampai hitungan ketiga baru jawab pertanyaan anak anda. Dengan melakukan tersebut bisa mencegah amarah anda keluar. Anda bisa mempraktekannya dan coba tenang ketika akan marah.

3. Lakukan Me Time

Hal ketiga ini sebenarnya sangat penting sekali untuk anda mencegah emosi pada anak. Memang kita sebagai ibu rumah tangga atau juga ibu bekerja, menghadapi anak tidak mudah. Mau umur berapa saja, sulit sekali rasanya untuk tidak emosi. Maka jika memang emosi sudah sangat memuncak, lakukan me time. Anda bisa melakukan hobi anda sebagai wanita dahulu. Anda bisa pergi jalan-jalan sendirian atau juga belanja. Anda juga bisa pergi ke salon dan sebagainya. Pokoknya lakukan hal yang bisa membuat diri anda menjadi segar kembali. Setelah itu pastinya anda akan sangat kangen dengan anak anda dan tidak akan emosian lagi.

4. Minta Bantuan Pasangan

Memiliki pasangan adalah hal yang harus anda syukuri karena anda bisa meminta tolong pasangan jika sedang merasa bad mood. Bad mood bisa memacu emosi pada anak yang berlebihan. Sehingga anda sebaiknya tahan emosi dengan meminta bantuan jangan ragu untuk melakukan hal tersebut jika anda tidak mau emosinya meledak. Jadi anda ketika emosi, minta tolong pasangan anda untuk menghadapi anak anda dahulu. Kalau tidak anda meminta pasangan sebagai penyampai pesan. Jadi anak anda sampaikan pesan pada pasangan anda dan disampaikan pada anda. anda juga melalui pasangan anda untuk menyampaikan pesan. Jadi emosi anda tidak tersalurkan ke anak anda.

Baca Juga: