RajaBacklink

5 Jenis Makanan atau Minuman Penyebab Diabetes Yang Wajib Diwaspadai

30 Agu 2020  |  132x |  | Ditulis oleh : FreeLancer
5 Jenis Makanan atau Minuman Penyebab Diabetes Yang Wajib Diwaspadai

Penyakit yang paling ditakuti di Indonesia salah-satunya adalah diabetes, penyakit ini di takuti karena bisa dari faktor keturunan atau berlebih dalam mengosumsi gula dalam kesehariannya. Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia maupun berat badan.

Semua bisa terkena jika kadar gula dalam tubuhnya tinggi dan terus-menerus mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Dalam keseharian kita memang tidak akan bisa menghindari makanan yang mengandung gula, karena gula juga masih dibutuhkan oleh tubuh dan merubahnya menjadi energi.

Tanpa di sadari makanan-makanan yang mengandung kadar gula yang lumayan tinggi sering kita makan atau minum tanpa mengetahui kadar gula dalam makanan atau minuman tersebut.

Untuk lebih waspada dan berhati-hati, mari kita bahan 5 makanan atau minuman yang perlu dihindari untuk mencegah diabetes. Kelima makanan atau minuman tersebut diantaranya;

1. Makanan tinggi karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh, apalagi untuk tipe orang yang sehari-harinya melakukan aktifitas berat. Tetapi jika orang yang sudah beresiko terkena diabetes harus benar-benar memilih dan menyesuaikan porsinya.

Makanan karbohidrat seperti nasi putih, tepung, roti dan pasta adalah makanan yang mudah dicerna, sehingga akan cepat menjadi glukosa yang menyebabkan lonjakan gula dan insulin.

2. Sumber lemak trans dan jenuh

Jenis makanan sumber lemak tran dan jenuh akan membuat kadar gula melonjak dan dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Makanan yang termasuk sumber lemak trans dan jenuh diantaranya daging merah, daging olahan, mentega, selai kacang dan susu.

Untuk yang beresiko sebaiknya mengonsumsi makanan dengan lemak sehat seperti ikan, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

3. Minuman manis

Sudah banyak yang mengetahui resiko minum yang manis-manis tentu akan beresiko terkena diabetes tipe 2, minuman manis akan meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan resistensi insulin. Untuk yang tidak beresiko bisa terkena diabetes karena minuman manis hingga 26 persen. Tetpi jika memiliki faktor turunan diabetes sebaiknya benar-benar harus dibatasi dan menggantinya dengan minum air putih.

4. Buah kering dan koktail

Hati-hati memakan buah kering bagi yang mempunyai resiko diabetes, karena buah yang dikeringkan memiliki kadar gula yang lebih tinggi dibanding yang masih segar. Selain buah kering, buah dalam kemasan kaleng atau koktail juga mengandung gula yang sangat tinggi.

5. Minuman bersoda, minuman berenergi dan alkohol

Ketiga minuman ini memang mengandung banyak sekali gula, jika dikonsumsi setiap hari maka akan sangat tidak sehat dan beresiko meningkatkan kadar gula darah.

Minuman bersoda dan berenergi juga sarat akan fruktosa yang sering dikaitkan dengan penyebab resistensi insulin dan obesitas. Bahkan minuman berenergi juga akan menyebabkan insomnia dan menaikkan tekanan darah tinggi akibat adanya kandungan kafein didalamnya.

 

Baca Juga: