RajaKomen

Inilah Manfaat Website Bagi Pelaku UKM

14 Agu 2022  |  102x | Ditulis oleh : Editor
Inilah Manfaat Website Bagi Pelaku UKM

Sekarang ini banyak sekali pelaku bisnis dan UKM yang mulai sadar akan pentingnya internet, sehingga hal ini membuat mereka mulai memikirkan cara meng onlinekan usaha mereka dan salah satunya adalah memiliki website untuk menunjang usahannya.

Untuk membuat website Anda tentunya akan membutuhkan alamat doamai dan juga hosting sebagai rumah bagi website Anda, berbicara mengenai hosting, sekarang ini sudah banyak pilihan dan salah satunya adalah paket Hosting Indonesia Murah yang dikhususkan untuk pelaku UKM dari ArdHosting.

Bagi pelaku UKM website memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Website Untuk Branding

Website untuk branding di era digital marketing seperti sekarang ini tidaklah asing lagi. Banyak perusahaan kecil maupun besar saat ini berbondong-bondong mempercantik tampilan websitenya agar lebih mudah diakses lewat berbagai media.

Walaupun masih dalam level UKM, Anda tetap bisa mengkukuhkan image bisnis produk Anda di mata pengguna lewat berbagai sajian konten menarik serta artikel edukatif yang mencitrakan keunggulan produk yang dijual.

  • Meningkatkan Kredibilitas

Tampilan website yang terlihat baik dan profesional saat ini sudah mampu meningkatkan nilai kredibilitas suatu bisnis di era digital. Jadi, jika saat ini Anda sudah memiliki website tapi tampilannya masih apa adanya, sebaiknya segera lakukan desain ulang dengan konsep yang lebih elegan dan profesional sehingga usaha Anda bakal terlihat lebih menjanjikan.

  • Jangkauan Target Pasar Lebih luas

Promosikan website Anda dengan cara melakukan optimasi pada hasil pencarian kata kunci/keywords tertentu sehingga jangkauan konsumennya tidak hanya dari pasar lokal.

  • Komunikasi Dengan Pelanggan Lancar

Dari segi bisnis, pada tahap kita sangat butuh konsumen loyal yang bakal banyak membantu di masa depan. Jika Anda memiliki sebuah website UKM, Anda tentu bisa mempersempit gap atara knsumen dan penjual guna mendapatkan komunikasi lebih intens.

  • Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Pelayanan pelanggan merupakan salah satu aspek dasar dari bisnis yang tidak bisa diabaikan. Nah, jika Anda memiliki website otomatis bisa lebih mudah dalam menjawab berbagai pertanyaan dari calon konsumen atau bahkan melakukan pelayanan after sales dari konsumen lama.

  • Hemat Waktu dan SDM

Di era globalisasi seperti sekarang, sebuah website itu ibarat eorang tenaga penjualan (sales) atau iklan billboard di pinggir jalan yang bisa mendatangkan oder untuk perusahaan. Jadi, jika bisnis Anda masih berskala UKM dan belum mampu membayar kedua elemen di atas memiliki website bisa menjadi alternatif yang tepat sebagai langkah awal.

  • Membuat Produk Menjadi Lebih Mudah Ditemukan

Kemudahan teknologi tampaknya juga mempengaruhi kebiasaan masyarakat yang lebih dulu mencari referensi di internet setiap kali ingin membeli barang. Bahkan, sebagian orang yang “melek” teknologi saat ini juga mengandalkan review dari para YouTuber dan Blogger sebagai pertimbangan sebelum membeli barang. Sebagai pelaku UKM yang produknya belum terlalu dikenal, Anda bisa mengaplikasikan cara ini agar usaha Anda lebih mudah ditemukan.

  • Wadah Untuk Mengetahui Keinginan Pelanggan

Sebelum era digital para pelaku bisnis biasanya melakukan survei offline untuk bisa mengetahui kebutuhan dan keinginan dari para pelanggan.

Dengan adanya website selain bisa membantu melakukan survei secara online Anda juga bisa melihat kebutuhan konsumen dari kata kunci pencarian yang masuk kedalam layanan Analytics dan Search Console.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat memiliki website untuk UKM. Jika Anda ingin membuat website bisnis atau UKM, ada baiknya Anda mulai memikirkan hosting yang tepat. Sekarang ini ada perusahaan lokal dan merupakan layanan Hosting Indonesia Terbaik yang  menawarkan paket hosting murah untuk Anda pelaku UKM.  Jika ingin tahu informasi lengkapnya mengenai spesifikasi, harga dan fitur apa saja yang ditawarkan, Anda bisa mengunjungi ardhosting.com.

Baca Juga: