RajaBacklink

Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membuat Anak Makan Makanan Bergizi

16 Sep 2020  |  104x | Ditulis oleh : Editor
Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membuat Anak Makan Makanan Bergizi

Kesehatan anak sekarang ini memang harus diperhatikan betul. Salah satu hal yang harus diberikan agar anak tetap sehat adalah makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi memang tidak seenak makanan yang ada di restoran cepat saji. Makanan yang bergizi pastinya terbuat dari sayur dan juga buah. Protein dari ikan dan daging juga menjadi makanan bergizi yang baik untuk anak. Semua makanan bergizi memang juga memiliki rasa yang cenderung tidak terlalu gurih atau juga tidak terlalu manis. Maka anak jarang suka. Namun sebagai orang tua anda jangan menyerah untuk membuat anak mengonsumsi makanan yang bergizi. Nah, berikut cara yang bisa anda lakukan agar anak mau makan makanan yang bergizi.

  • Buat Bentuk Makanannya Sesuai Yang Anak Sukai

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat anak memakan makanan bergizi adalah dengan membuat makanannya menjadi sesuai seperti yang mereka suka. Jadi misalnya anak anda suka doraemon, nah anda bisa membuat nasinya menjadi bentuk doraemon. Kemudian wortel menjadi hidung, tomat menjadi perutnya dan lain-lain. Untuk menambah rasa anda juga bisa menambahkan rumput lain sebagai kumis doraemon. Nah anda bisa menggunakan daging atau ayam untuk bentuk unik lainnya, usahakan anak selera dulu untuk mencicipinya dan tidak langsung menolak. Anda bisa beli cetakan karakter lucu di online jika ingin bentuk yang lebih bervariasi.

  • Jadikan Arena Makan Layaknya Tempat Bermain

Hal kedua yang bisa anda lakukan untuk membuat anak anda makan makanan bergizi adalah menjadikan tempat makanannya asyik. Tidak harus keluar rumah untuk membuat anak anda nafsu makan. Anda bisa membuat playground kecil-kecilan di dalam rumah untuk membuat anak anda nafsu makan makanan yang bergizi. Jadi anda bisa beli playmat yang lucu dan kemudian karakter mainan yang mereka sukai. Nah saat anak anda asyik bermain, anda bisa sambil menyuapinya. Anda juga bisa sambil bermain dengan anak anda.

  • Usahakan Ketika Makan Menjadi Menyenangkan

Cara yang ketiga ini memang mudah tidak membutuhkan mainan atau apapun. Namun yang dibutuhkan adalah cara menyenangkan anda dalam menyuapi anak. Ketika anak susah makanan mungkin ada kejenuhan ketika waktu makan tiba. Anda bisa sambil mengajak ngobrol anak anda namun jangan sampai membuatnya tersedak. Tentu obrolan yang menyenangkan juga. anda bisa juga mainkan tangan layaknya mobilan atau pesawat. Mulut anak anda sebagai garasi atau bandaranya. Anda juga bisa sambil bercerita untuk membuat anak jadi nafsu makan. Jadi anda bisa menggunakan tubuh anda untuk membuat aktivitas makan menjadi menyenangkan.

  • Gunakan Alat Makan Yang Lucu

Salah satu hal yang bisa membuat anda nafsu untuk makanan maknan yang bergizi adalah dengan mengganti alat makan menjadi alat makan yang lucu. Jadi jika alat makannya hanya warna putih. anda bisa beli dengan ada gambarnya. Gambarnya bisa sesuai dengan karakter kartun yang anak anda sukai. Selain memili alat makan yang bergambar. Anda bisa memilih alat makan dengan bentuk lucu. Ada alat makan yang berbentuk doraemon piringnya. Ada juga yang berbentuk hewan-hewan. Nah sendok dan garpu juga ada yang berbentuk karakter kartun atau hewan. Dengan memilih alat makan yang lucu, bisa dipastikan anak anda akan selera untuk makan.

Berita Terkait
Baca Juga: