RajaKomen

Cara Memilih Laptop Yang Sesuai Dan Berkualitas Untuk Anda

1 Jun 2022  |  31x | Ditulis oleh : Editor
Cara Memilih Laptop Yang Sesuai Dan Berkualitas Untuk Anda

Di zaman yang semakin maju dan modern, membuat hampir segala bidang pekerjaan memerlukan gadget, salah satunya adalah laptop. Laptop sudah menjadi alat essential di jaman digital seperti sekarang ini, tetapi banyak jenis laptop yang terkadang membuat kita menjadi sulit untuk memilih nya ketika membeli di sebuah toko laptop. Laptop atau notebook adalah gadget terbaik untuk membantu pekerjaan atau aktifitas sehari-hari kita, karena dapat di bawa sehingga dapat di operasikan kapan dan di manapun.

Seringkali banyak diantara kita yang bisa di bilang calon pembeli kurang memahami dengan benar spesifikasi akan laptop yang akan di beli. Hanya berpatokan kata orang, atau dengan harga yang mahal berasumsi laptop tersebut pastilah bagus. Setelah di gunakan, spesifikasi laptop tersebut ternyata terlalu tinggi alias tidak sesuai dengan apa yang kita butuhkan, alhasil kita secara tidak langsung membuang uang untuk hal yang tidak kita perlukan. Ataupun ketika kita memilih yang murah ,ternyata masih banyak kekurangan nya, entah baterai nya yang ngedrop, atau kapasitas memori yang kurang mumpuni, sehingga tidak bisa menunjang pekerjaan kita. Lantas bagaimana kah memilih laptop yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kita?. Mari simak ulasannya berikut mengenai tips memilih laptop yang sesuai dan berkualitas.

  • Pilih sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli laptop, kita harus memperhatikan kebutuhan kita sendiri, akan di pakai untuk apa laptop yang akan kita beli nantinya. jika Anda adalah sesorang profesional yang membutuhkan laptop hybrid yang dapat Anda gunakan untuk presentasi layaknya tablet, maka hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda. Yang perlu di ketahui bahwa laptop hybrid dengan fasilitas 2 in 1 ini memiliki kelemahan di daya tahan baterai, daya tahan baterai pada laptop jenis ini hanya mampu operasional selama kurang lebih 60 sampai 90 menit saja. Jika hanya untuk presentasi waktu tersebut masih relatip mencukupi. Tapi bagi Anda para gamer atau editor, laptop dengan fasilitas 2 in 1 ini tidaklah menjadi rekomendasi. Begitu pula dengan dimensi layar serta bobot dari laptop, menjadi hal yang perlu di pertimbangkan juga. Jika Anda seorang yang bekerja dengan mobilitas tinggi, di sarankan membeli laptop dengan dimensi yang kecil serta bobot yang ringan, agar mudah di bawa dan di gunakan di mana saja dan kapan pun.

  • Pilih Berdasarkan Sistem Operasi

sebagian besar laptop yang beredar di indonesia di lengkapi dengan salah satu dari dua sistem operasi terfavorit dan paling di minati yaitu Windows dan Mac OS (hanya untuk Mc book). Memilih yang tepat adalah preferensi pribadi, namun hal ini menjadi yang penting untuk di ketahui. Windows adalah sistim operasi paling flexibel dan di operasikan lebih banyak pada model laptop dari pada Mac OS. Versi terbaru dari sistem operasi yang di keluarkan microsoft paling banyak di gunakan pada mode tablet dan desktop. Anda dapat dengan mudah menemukan sistem operasi Windows pada laptop yang murah hingga yang termahal, karena Windows paling banyak menawarkan fiturnya di banding sistem operasi yang lain.

Sedangkan Macbook , laptop dengan sistem yang di keluarkan oleh Apple,Mac OS. Secara fungsional operasi sistem Mac OS hampir mirip dengan Windows 10, tetapi dengan tampilan yang berbeda pada antar muka . Mac OS lebih memadai jika di gunakan dalam produk Apple. Dengan Mac OS semua perangkat produk apple dapat dengan mudah saling terkoneksi.

Selain kedua operasi sistem terpopuler yang di atas, ternyata juga ada Chrome OS, keluaran Google. Google Chrome OS adalah sistem operasi terbaru, meskipun sederhana dan aman, chrome OS sistem operasinya lebih terbatas di banding Windows dan Mac OS. Sebagian besar aplikasi yang di gunakan di chrome OS adalah aplikasi Web dan online, tidak berfungsi dengan baik saat offline.

  • Pilih Berdasarkan Spesifikasi Laptop

Memilih berdasarkan spesifikasi laptop bisa di jadikan prioritas utama saat memilih laptop untuk di beli nantinya. Sebuah laptop yang mempunyai kualitas bagus, pastinya memiliki spesifikasi yang bagus pula. Biasanya juga harga mengikuti spesifikasi dari isi laptop tersebut. Spesifikasi dari laptop dapat di sesuaikan dengan kebutuhan untuk apa laptop itu di gunakan, seperti contohnya : jika anda seorang pelajar yang hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengerjakan tugas sekolah serta bermain game, spesifikasi laptop cukup yang rendah atau sedang saja, seperti laptop dengan processor Core i3 Generasi 3 tanpa VGA.

Sedangkan untuk pegawai yang biasa memakai laptop dalam pekerjaan nya  dapat menggunakan spesifikasi sedang dengan menggunakan Processor corei 3 dan memakai RAM 3 GB. Begitu pula jika Anda seorang Gammer atau Desainer Grafhis maka harus memiliki laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi ,guna menunjang aktivitas tersebut. Biasanya processor yang di gunakan untuk gammer dan desain grafis adalah Core i7 dan minimal menggunakan VGA GTX 680 serta memakai RAM minimal 4GB.

  • Pilih Bedasarkan Garansi Dan Layanan Purna Jual

Yang terakhi yang kita harus perhatikan sebelum membeli laptop adalah tentang garansi dan juga layanan purna jual. Sebuah laptop dapat di ukur kualitas dari lamanya garansi yang di berikan, semakin lama garansi yang di berikan oleh pihak produsen maka  semakin bagus kualitas dari laptop tersebut. Hal yang tidak boleh di lewatkan sebelum membeli laptop yaitu lokasi service center atau layanan purna jual dari laptop yang hendak kita beli nantinya. hal ini bertujuan agar lebih mudah menghubungi ketika laptop kita nantinya bermasalah.

Nah, setelah Anda membaca tips membeli laptop yang sesuai dan berkualitas, Anda sekarang dapat mencari toko laptop yang terbaik sebagai tempat untuk membeli laptop. Kami merekomendasikan toko laptop Sodagar Komputer, kenapa di Sodagar Komputer?. Karena Sodagar Komputer adalah toko yang menjual laptop, komputer, printer, projektor, serta aksesoris dan sparepart , juga menyediakan hardware dan ATK yang terlengkap dan terbaik.

Di Sodagar Komputer juga ada jasa Service Laptop yang dikerjakan oleh tenaga yang profesional. Selain itu Sodagar Komputer juga di percaya sebagai sevice center dari beberapa brand laptop terkenal yang ada di indonesia seperti Lenovo, HP, Asus, Acer dan Axioo. Selain itu sodagar komputer juga menangani service laptop brand lainnya seperti Dell, Samsung, Toshiba,Apple macbook, Fujitsu dan lain-lain. Anda ingin mendapatkan info lebih lanjut tentang toko Sodagar Komputer bisa dengan cara meng klik 

Baca Juga: