RajaBacklink

Anak Anda Pemalu? Mungkin Ini Penyebabnya

15 Sep 2020  |  158x | Ditulis oleh : Editor
Anak Anda Pemalu? Mungkin Ini Penyebabnya

Rasa malu memang sewajarnya dimiliki oleh manusia. Namun apa jadinya jika rasa malu tersebut lebih mendominasi dibandingkan rasa percaya diri. Jika hal itu terjadi maka kasian anak Anda. anak Anda bisa mengalami yang namanya mengunci diri. Jika sudah mengunci diri, Anda sebagai orang tua akan kerepotan. Untuk itu Anda jangan jadikan anak Anda sebagai anak yang pemalu. Memiliki rasa malu pada anak Anda jangan salahkan lingkungan mereka. Coba Anda berkaca, kenapa anak Anda jadi pemalu. Mungkin ada penyebabnya dari didikan orang tuanya. Nah, beberapa hal berikut ini mungkin penyebab anak Anda menjadi anak yang pemalu.

  • Sering Dibentak

Anak-anak yang pemalu cenderung terjadi karena anak-anak tersebut sering dibentak. Dibentak dengan suara yang keras apalagi akan membuat anak semakin ciut atau tidak percaya diri sendiri. Maka berhentilah Anda memaki atau membentak anak Anda. sebaiknya anda lakukan hal lainnya jika anda tidak bisa tahan emosi. Anda bisa menarik nafas dalam-dalam atau pergi saja tinggalkan anak Anda dulu. Setelah tenang baru Anda balik lagi dan bicarakan lagi baik-baik dengan anak Anda. Membentak anak Anda juga tidak akan membuat anak Anda lebih mengerti. Anda malah akan memperparah suasana dengan anak Anda.

  • Jangan Suka Menyalahkan Anak Anda

Ada lagi hal yang mungkin Anda tidak sadar ketika anak Anda jadi pemalu. Anak yang jadi pemalu juga terjadi karena anak tersebut sering disalahkan. Anda jangan menyalahkan apapun pada anak Anda meskipun kesalahan yang mereka perbuat besar. sebaiknya Anda berkaca pada diri sendiri kenapa semuanya terjadi. Jadi Anda lebih baik menasehatinya, bukan menyalahkannya. Anda bisa berkata, “ lain kali jangan begitu, ini akibatnya kalau kamu..” nah Anda bisa memilih kalimat tersebut untuk solusinya.

  • Jangan Jadikan Anak Anda Nomer Dua

Penyebab lainnya yang membuat anak Anda menjadi anak pemalu adalah Anda mungkin selalu menjadikannya nomer dua. Hal ini biasanya Anda lakukan ketika anak Anda tidak lebih baik dari pada anak orang lain. Jadi misalnya anak tersebut lebih unggul dalam nilai sekolah dan anak Anda tidak. Kemudian Anda mengomeli anak Anda dan menjadikan anak tersebut nomer satu di mata Anda. dengan perkataan “ Tuh dia bisa, kenapa kamu enggak”. Dengan mengucapkan kalimat itu saja bisa membuat anak Anda menjadi tidak percaya diri. Nah sebaiknya Anda mulai berhenti berbicara hal tersebut kepada anak Anda. Anda bisa menjadikan anak Anda menjadi nomer dua dan pemalu pastinya.

  • Ada Jurang Di Antara Anda Dan Anak

Salah satu penyebab lainnya yang membuat anak Anda menjadi pemalu adalah ada batasan antara anak Anda dan Anda. Jadi sebaiknya Anda bangun komunikasi yang baik dengan anak Anda. dengan komunikasi yang baik antara Anda dan anak Anda akan membuat anak menjadi lebih percaya diri lagi. Anda bisa sering ajak berbagai pengalaman. Misalnya ajak anak Anda untuk menceritakan apa yang dilakukan di sekolah. Kemudian Anda bisa berbagai pengalaman Anda di rumah. dengan begitu, komunikasi akan terjalin dengan baik. Komunikasi yang baik antara Anda dan anak Anda akan membuat rasa malu anak Anda menjadi hilang. Anak Anda akan merasa Anda akan selalu disamping Anda meskipun ada masalah. Hal itu bagus untuk meningkatkan confident.

Berita Terkait
Baca Juga: