Hijab.id

6 Jenis Sayuran Yang Bisa Jadi Minuman Jus Segar & Juga Menyehatkan

18 Nov 2020  |  53x |  | Ditulis oleh : FreeLancer
6 Jenis Sayuran Yang Bisa Jadi Minuman Jus Segar & Juga Menyehatkan

Sayuran memang dikenal sebagai tanaman yang kaya akan manfaat, apalagi bagi yang suka diet untuk mengecilkan berat badannya dan sayuran selalu menjadi pilihan menu makanan utama.

Dikenal menyehatkan bahkan ada yang dalam kesehariannya hanya memakan sayuran yang sering dikenal sebagai vegetarian, yang artinya tidak memakan makanan dari jenis hewani.

Selain untuk makanan, ternyata sayuran juga bisa diolah menjadi minuman seperti jus yang menyegarkan juga menyehatkan. Tapi sayangnya tidak semua jenis sayur bisa diolah menjadi jus. Selain dari segi rasa kita juga harus mempertimbangkan kandungan gizi yang ada didalamnya.

Berikut ini ada 6 jenis sayuran yang bisa diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan juga menyehatkan. Keenam sayuran tersebut diantaranya adalah;

Wortel

Sayuran yang dikenal sebagai makanan kelinci yang baik untuk kesehatan mata ini memiliki rasa sedikit manis, dan memiliki banyak nutrisi seperti rendah kalori, kaya vitamin A, biotin hingga kalium.

Wortel juga bisa untuk antioksidan kaya akan karoten yang sangat baik untuk tubuh kita, untuk mengolahnya menjadi jus kamu juga bisa menambahkannya dengan buah-buahan seperti jeruk, jahe, hingga bit agar kaya akan rasa.

Bit

Sayuran ini memliki warna yang sangat memikat yaitu merah keunguan, sehingga banyak orang yang sangat menyukai sayuran satu ini bahkan untuk dijadikan minuman seperti jus. Selain warnanya yang memikat, bit juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Dalam bit terkandung mangan, kalsium, folat hingga nitrat. Kandungan nitrat sangat baik untuk tubuh kita karena bisa meningkatkan tekanan darah, serta kinerja atletik dan mental.

Kubis atau Kol

Sayuran yang sering disebut kol ini mempunyai tekstur renyah dengan rasa yang ringan dan sering diolah menjadi hidangan seperti somai, sup, hingga jus. Sama seperti sayuran lainnya kubis juga kaya akan vitamin A dan C, dengan mikronutrien lain seperti folat, mangan dan vitamin B6.

Jika sering mengonsumsi sayuran kubis bisa untuk menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung dan peradanagn ringan.

Bayam

Sayuran bayam yang berwarna hijau yang bisa di olah menjadi smoothie atau jus, karena bayam bisa membawa rasa segar dan lembut. Selain rasanya yang segar dan lembut, bayam juga tinggi akan vitamin A, C dan antioksidan.

Meskipun bisa dijadikan jus dengan satu bahan tunggal, tapi kamu juga bisa menambahkan jeruk atau madu agar rasanya lebih nikmat.

Brokoli

Selanjutnya ada brokoli, sayuran yang paling ditakuti anak kecil yang susah makan sayuran. Brokoli sendiri banyak mengandung vitamin A, C, zat besi, dan zink yang baik.

Sayuran ini sangat tepat untuk dijadikan jus karena kaya akan manfaat, jika kamu tidak terlalu suka dengan aroma sayuran ini kamu bisa mencampurnya dengan sedikit madu, kayu manis atau perasan jeruk.

Kale

Sayuran yang memiliki julukan ‘the quuen of greens’ ini dikategorikan sebagai sayuran sehat karena kandungannya yang luar bisa. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang ringan sangat cocok sekali jika diolah menjadi jus.

Kale mengandung banyak sekali vitamin A, C, dan K, serta kaya akan antioksidan dan beta-karoten. Kandungan karoten dalam kale ini dikabarkan bisa menetralisir radikal bebas dan membantu melindungi dari penyakit jantung.

 

 

 

Baca Juga: