MU

Amankah Obat Tradisional Sebagai Alternatif Pelengkap Obat Untuk Menyembuhkan Penyakit

20 Des 2020  |  371x | Ditulis oleh : Editor
Amankah Obat Tradisional Sebagai Alternatif Pelengkap Obat Untuk Menyembuhkan Penyakit

Didalam obat tradisional kita tidak pernah tahu kandungan apa saja yang terdapat didalamnya, berbeda dengan obat farmasi yang jelas tertulis kandungan didalamnya. Dalam dunia pengobatan, obat tradisional mulai diperhitungkan, bahkan penggunaan obat tradisional tidak kalah saing dengan penggunaan obat modern atau obat farmasi.

Obat yang terbuat dari tanaman-tanaman herbal adalah komponen utama obat tradisional. Dan sekarang ini banyak orang yang lebih percaya terhadap pengobatan tradisional dibandingkan dengan pengobatan medis untuk mengatasi penyakit-penyakit yang  berbahaya. Karena sekarang ini banyak orang beranggapan menggunakan obat dengan bahan alami, maka akan aman menggunakannya. Karena hal ini, sebenarnya penggunaan obat tradisional itu aman atau tidak? Nak berikut ini penjelasannya.

Obat Tradisonal Tidak Mengandung Zat Penting

Dalam pengujian beberapa obat tradisional ternyata tidak mengandung apa-apa selain isian selulosa. Dan ditemukan ternyata obat tradisional telah terkontaminasi dengan berbagai hormon, logam berat seperti timbal atau merkuri, pestisida atau bahan-bahan beracun lainnya. Terkadang obat tradisional bahnnya kalah saing dengan seribu faktor yang menyebabkan beberapa pasien mengalami gagal ginjal yang dapat menyebabkan kematian.

Sebenarnya tidak ada yang lebih sehat atau lebih aman daripada memakan makanan yang sehat. Buah dan sayuran adalah pilihan tepat untuk hidup sehat. Karena buah dan sayuran mengandung vitamin dan serat dan mengandung nutrisi yang tinggi.

Kandungan Obat Tradisional

Kandungan yang terdapat di dalam obat-obat farmasi, bisa diketahui dengan persis apa saja kandungan yang ada dalam obat-obatan tersebut. Selain itu juga kita bisa mengetahui apa efek samping dari penggunaan obat tersebut. Ini dikarenakan Food and Drugs Administration sudah melakukan pengujian dan pembuatan obat dengan ketat yang diawasi oleh hukum. Sementara obat tradisional kita tidak tahu persis apa yang terkandung dalam obat tersebut. Dalam pembuatannya mungkin saja bahan-bahannya tidak ditakar dan tidak melalui proses pengujian yang ketat dan tidak ada pedoman pasti tentang pembuatan obat tradisional tersebut. Dengan kata lain penggunaan obat tradisional belum tentu terjamin.  

Mengonsumsi obat tradisional sebagai alternatif pelengkap obat dengan resep maupun nonresep sebenarnya boleh dilakukan. Obat herbal racikan berupa rebusan relatif aman karena zat-zat toksik yang mungkin terkandung sudah mengalami perubahan struktur kimia sehingga aman untuk dikonsumsi. Dan obat herbal racikan dengan metode lain harus dipertanyakan keamanannya. Dan sebaiknya obat herbal hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit atau menurunkan resiko dari penyakit, bukan untuk menyembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit dibutuhkan obat resep dokter.

Perlu diingat suplemen herbal juga tidak bisa diminum sembarangan karena reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda satu sama lain. Walaupun memiliki keluhan yang sama, akan tetapi belum tentu obat herbal yang ternyata cocok untuk Anda akan memberikan khasiat yang sama pada orang lain.

Baca Juga: