RF

inilah Cara Ampuh Untuk Mendapatkan Beasiswa Gratis Kuliah di Luar Negeri

28 Des 2021  |  201x | Ditulis oleh : Editor
inilah Cara Ampuh Untuk Mendapatkan Beasiswa Gratis Kuliah di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa adalah salah satu cara terbaik untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Akan tetapi jumlah siswa yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah peminat beasiswa yang selalu bertambah tiap tahunnya. Sehingga membuat banyak sekali pelamar beasiswa yang harus kecewa ketika gagal memperoleh beasiswa yang diinginkan.

Kuliah diluar negeri adalah impian banyak orang sekaligus sebuah tantangan sehingga banyak lulusan SMA atau lulusan lainnya ingin mencari tahu cara-cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri. Memang tidak mudah untuk memperoleh beasiswa karena kamu juga harus bersaing dengan ribuan pelajar lainnya dari seluruh Nusantara.

Meskipun demikian kamu tidak perlu khawatir, karena banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi penerima beasiswa.

  • Prestasi Akademik

Prestasi akademik adalah hal yang palling utama yang harus kamu perhatikan jika kamu igin kuliah melalui jalur beasiswa ke luar negeri. Terdapat beberapa penyedia beasiswa kuliah gratis di luar negeri baik dari pemerintah ataupun sponsor mencantumkan prestasi akademik sebagai syarat utama. Oleh karena itu sejak kelas 1 SMA ada baiknya persipkan diri supaya belajar secara fokus dan memiliki prestasi akademik yang tinggi. Terdapat dua cara untuk mendapatkan prestasi akademik yaitu nilai tinggi di kelas atau dengan menjuarai sebuah perlombaan akademik seperti Olimpiade ataupun cerdas cermat.

  • Mencari Informasi Beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri adalah dengan rajin mencari informasi terkait lembaga penyedia S1 keluar negeri. Salah satunya yang bisa kamu dapatkan informasi tersebut di lembaga Schoters, bantuan informasi guru, orang tua teman atau lainnya. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, maka kamu dapat belajar apa saja jenis mahasiswa yang tersedia.

Hal ini dikarenakan beberapa penyedia beasiswa justru hanya memberikan teknik cara mendapatkan beasiswa pada jurusan tertentu saja. Ada juga penyedia beasiswa yang menyediakan program beasiswa full dari biaya kuliah, akomodasi, hingga uang saku bulanan.

  • Hubungi Lembaga

Apabila kamu sudah menemukan lembaga beasiswa yang sesuai, kamu  dapat langsung menghubungi lembaga tersebut dan bertanya tentang informasi yang berhubungan dengan beasiswa. Dimana beberapa universita s luar negeri juga menyediakan kontak bagian admisi atau kontak untuk menanyakan informasi beasiswa yang sedang berlaku.  Dengan melakukan cara tersebut kamu akan memperoleh cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri langsung dari sumbernya dengan informasi lengkap termasuk persyaratan dan deadline pendaftaran terakhir. Hali ini akan membantu kamu agar bisa memenuhi berkas secara lengkap termasuk persyaratan dan deadline pendaftaran terakhir. Sehingga hal ini bisa membantu agar kamu bisa memenuhi berkas secara lengkap.

  • Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi adalah salah satu persyaratan yang penting karena dapat menjadi penentu apakah kamu bisa menerima beasiswa tersebut atau tidak. Dimana surat itu menceritakan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk memperoleh beasiswa dari penyedia beasiswa tersebut.

  • Belajar Bahasa Asing

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri dengan cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri tentunya bahasa Inggris harus kamu pelajari sebagai bahasa utama. Dan biasanya dalam proses seleksi beasiswa, penyedia meminta agar kamu melampirkan dokumen kemampuan berbahasa asing yaitu dengan nilai TOEFL atau IELTS.

Sebagai persiapan beasiswa luar negeri, kamu sebaiknya mengikuti program les untuk mempelajari bahasa Inggris termasuk bagaimana caranya mengerjakan TOEFL dan IELTS agar nilai tembus sesuai persyaratan dalam beasiswa kuliah gratis di luar negeri. Dan biasanya persyaratan agar dapat memenuhi kemampuan bahasa adalah 6,5 untuk IELTS, sedangkan untuk TOEFL tidak perlu sampai 550.

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis diluar negeri. Kamu juga perlu untuk mempelajari bagaimana membuat CV ataupun belajar menghadapi interview sebagai tahap terakhir memnuhi syarat memperoleh beasiswa. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam lagi bagaimana cara mendapatkan beasiswa di luar negeri, kamu bisa konsultasikan pilihan studi kamu dengan ahlinya yaitu konsultasikan ke Schoters untuk persiapan dokumen, essay dan informasi beasiswa dengan lengkap dimana dalam bimbingannya memiliki waktu yang fleksibel.

Baca Juga: