RajaBacklink

7 Cara Mudah Dan Efektif Mengobati Pilek Pada Anak Secara Alami

10 Sep 2020  |  131x | Ditulis oleh : Editor
7 Cara Mudah Dan Efektif Mengobati Pilek Pada Anak Secara Alami

Tidak sedikit orang tua yang merasa panik bahkan langsung membeli obat di apotek saat anaknya pilek. Padahal menurut American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa obat obatan yang dijual di pasaran tidak efektif dapat mengobati flu dan batuk yang diderita anak. Bahkan obat obatan tersebut dapat berbahaya bagi anak anak dengan usia dibawah 6 tahun. 

Memang munculnya gejala flu tidak bisa dianggap enteng. Biasanya flu akan disertai dengan gejala demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit, bahkan kedinginan. Meski begitu bukan berarti anak dibiarkan dengan flu yang dideritanya. Karena ibu bisa mencoba cara mengobati pilek pada anak secara alami, dimana cara ini mudah dan efektif mengobati pilek. 

Berikut dibawah ini 6 cara mudah dan efektif mengobati pilek pada anak secara alami diantaranya yaitu : 

1. Banyak Minum

Si kecil akan mengalami dehidrasi saat sedang flu, terlebih lagi jika disertai muntah dan diare. Oleh karena itu pastikan anak tercukupi kebutuhan akan cairan dalam tubuhnya. Ibu bisa memberi air mineral atau jus buah serta minuman elektrolit. Untuk mengetahui si kecil sudah mendapatkan cairan yang cukup. Coba cek urine si kecil saat buang air kecil. Saat warnanya kuning pucat atau bahkan tidak berwarna, maka itu berarti sudah tercukupi kebutuhan cairan dalam tubuhnya. 

2. Mengkonsumsi Sup

Mengkonsumsi sup merupakan salah satu tradisi turun temurun untuk mengobati flu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu menangani gejala infeksi saluran pernapasan seperti flu. Saat kepala ditundukkan untuk menyantap sup ayam hangat maka uapnya itu akan menuju hidung lalu membuat semakin membaiknya saluran pernapasan. 

3. Vitamin C

Sistem kekebalan tubuh akan kuat saat mendapat dukungan Vitamin C. Ibu bisa memberi si kecil buah buahan yang mengandung Vitamin C tinggi. 

4. Jahe

Substansi atau kandungan dalam jahe dipercaya efektif dapat mencegah adhesi virus ke mukosa saluran pernapasan bagian atas. Pasalnya jahe memiliki sifat antiradang, antiseptik, serta antioksidan. 

Jahe juga dapat menenangkan perut serta tenggorokan, memiliki sifat yang dapat menekan batuk, serta dianggap sebagai pereda nyeri alami dan peredam demam. Dengan memberikan teh jahe hangat maka dapat membantu membersihkan saluran pernapasan si kecil. 

5. Madu

Madu juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh melawan pilek atau flu lebih cepat. Adanya sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumi madu akan berisiko lebih rendah mengalami pilek jika dibandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumsi madu. 

Bahkan anak yang makan madu akan lebih baik kualitas tidurnya. Selain itu juga madu tidak akan menimbulkan efek samping. Pastikan ibu memilih madu yang berkualitas baik untuk si kecil. 

6. Bawang Putih

Tidak banyak ibu yang tahu jika bawang putih juga merupakan antijamur dan antibakteri alami yang dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit termasuk pilek pada anak. Untuk melawan virus flu yang menyerang si kecil, Ibu bisa membuat sup bawang putih. 

7. Istirahat

Si kecil kemungkinan tubuhnya sedang lelah sehingga mudah diserang penyakit, salah satunya infeksi flu. Oleh karena itu minta si kecil untuk tidak berolahraga dulu dan menjaga pola tidur yang teratur. Siklus tidur yang teratur dapat membantu bekerja dengan baiknya sistem kekebalan tubuh.  

Baca Juga: